Kamis, 26 Desember 2013

0 Apa Itu Visual Basic 2010 ?

Visual Basic 2010 terdapat di dalam paket software Microsoft Visual Basic Studio 2010 yang di rilis pada bulan April 2010, di dalam paket tersebut terdapat software lain seperti Visual C#, Visual C++, Visual F# dan Web Development (ASP.Net), (XML Web Services), dan Visual Basic tentunya.

Mungkin kalian bertanya-tanya apa sih perbedaan Visual Basic 2010 dari Versi sebelumnya?, menurut sumber wikipedia (en.wikipedia.org) Microsoft mengklaim bahwa di versi 2010 ini terdapat beberapa fitur baru dari sebelumnya, seperti
1. Auto-Implemented Properties
Fitur ini dapat memungkinkan anda untuk menentukan properties dengan cepat dari suatu class, tanpa anda harus mengetikan kode secara manual ini dikarenakan visual basic dapat membuat perintah otomatis untuk melengkapi kode tersebut. Lihat contoh di bawah ini :

Property Contoh As String
  Get
    ( Baris kode perintah )
   End Get
   Set (ByVal Value As String)
    ( Baris kode perintah )
    End Set
End Property
Keterangan Kode
Baris 1 Kelas Property dengan nama contoh.
Baris 2 Begitu anda membuat fungsi untuk mengambil nilai property maka otomatis visual basic akan membuat perintah didalamnya seperti pada baris 3 sampai 5.

2. Collection Initializers
Fitur ini dapat anda gunakan untuk membuat variabel yang memiliki nilaiproperty lebih dari satu, yang mungkin dapat anda gunakan untuk membuat suatu daftar pilihan seperti nama hari, tanggal atau lain sebagainnya, contoh sederhana dapat anda lihat di bawah ini.
Dim Bulan = ("Januari", "Februari", "Desember", "....")
DimTanggal = (1,2,3,4,5)
DimMenuMakanan As New List (Of String) From ("Bakso", "Mod-el", "Pempek")
Keterangan Kode
Baris 1  Variabel array dengan nilai string.
Baris 2 Variabel array dengan nilai interger.
Baris 3 Variabel yang dibuat untuk menyimpan nilai properti lebih dari satu dan menampilkan nilai properti tersebut.

3. Implicit Line Continuation
Fitur ini dapat memungkinkan anda untuk melanjutkan baris kode pemrograman dimana anda tidak harus membuat garis bawah ( _ ), ketika anda ingin melengkapi kode pada baris baru. Contoh sederhana anda lihat di bawah ini.
Public Function Mahasiswa (ByVal nip As String,
                                             ByVal nama As Char,
                                              ByVal jurusan Integer) As String
End Function
Keterangan Kode
Baris 1-4 Function dengan beberapa parameter didalamnya yang di ketikan tanpa menggunakan garis bawah untuk baris kode berikutnya.

4. Hightlighting References
Fitur ini dapat memudahkan anda untuk mencari alur logika pemrograman dengan cepat dikarenakan fungsi ini dapat memblok secara otomatis perintah-perintah kata kunci yang berhubungan hanya mengklik kata kunci tersebut.

5. Navigate To
Fitur ini dapat anda gunakan untuk mencari kata kunci di dalam source code visual basic 2010. Untuk menampilkan Menu Navigate To anda klik menu Edit>Navigate To.

Mungkin itu saja beberapa contoh-contoh fitur terbaru dari visual basic 2010 yang terdapat dalam paket Visual Studio 2010, untuk lebih lengkapnya mungkin anda bisa mengunjungi website msdn.microsoft.com.
Perhatian:
Visual Basic 2010 juga dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP SP3, SP4, Vista, dan windows 7.

Posting Komentar

 

Link Sahabat

Tempat Link Sahabat